www.loogix.com

Sutopadan Adventure



Selamat datang di blog kami.

Blog ini akan mengulas tentang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam.


Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu. Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak. Jangan mengambil sesuatu kecuali pengalaman.

Kamis, 26 Januari 2012

Pantai Ngobaran

Dilihat dari ketinggian

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan.
Pantai yang bersebelahan dengan pantai Ngrenehan ini cukup unik. Begitu masuk ketempat wisata bukanlah hamparan pasir putih yang akan kita temui, melainkan tebing-tebing dan bebatuan karang. Satu hal lagi yang membuat pantai ini begitu eksotis, yaitu terdapat arca dewa-dewa dan pura yang biasa digunakan untuk beribadah umat Hindu. 
Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.
Setelah puas menjelajah Pantai Ngobaran, ada satu lagi tempat yang wajib kita datangi, yaitu Pantai Nguyahan. Pantai ini terletak persis disebelah barat Ngobaran. Tak perlu mengunakan kendaraan unuk sampai kesana, cukup dengan berjalan kaki dari Ngobaran.
Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan ini tak kalah eksotisnya dari Ngobaran, dan pantai ini seakan-akan menjadi pelengkap. Kalau di pantai Ngobaran kita hanya disuguhi dengan tebing-tebing dan bebatuan karang, nah disini kita temui hamparan pasir putih yang cocok untuk bermain air.
Sebelum pulang tidak ada salahnya mampir ke pantai Ngrenehan, jarak pantai ini dengan Ngobaran tak lebih dari 1KM.
Disini bisa kita temui pantai yang tidak kalah indahnya. Banyak kapal-kapal nelayan terdampar di pinggiran pantai.
Kalau ingin menikmati hidangan ikan laut, disini tempatnya. Banyak penjual ikan disekitaran pantai Ngrenehan ini. Seandainya kita beruntung, kita bisa menikmati masakkan landak laut.
Biasanya pada sore hari kita akan menjumpai warga tengah mencari landak laut untuk dijadikan makanan malam harinya. Untuk bisa dimakan, landak laut dikepras dulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudian dicongkel. Biasanya warga mencari landak hanya berbekal ember, saringan kelapa, sabit, dan topi kepala untuk menghindari panas.
Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Sayangnya, tak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi kalau mau memesan, coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan. 
(ajiex S.A/yogyes.com/wijanarko.net/wonosari.com/foto:ajiex)

2 komentar: