www.loogix.com

Sutopadan Adventure



Selamat datang di blog kami.

Blog ini akan mengulas tentang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam.


Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu. Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak. Jangan mengambil sesuatu kecuali pengalaman.

Selasa, 07 Februari 2012

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sikidang memiliki dapur magma di dalam perut bumi di bawahnya. Dapur magma ini menghasilkan panas dan energi dengan tekanan yang sangat kuat. Apabila tekanan ini mencapai puncaknya, maka akan terjadi letusan dan terbentuk sebuah kawah baru. Nama Sikidang diambil dari kata “kidang” yang berarti kijang. Di lokasi ini bau belerangnya sangat menyengat dan suhunya agak lumayan hangat, dikejauhan kita bisa lihat sumur geothermal tua yang masih beroperasi, energi panas bumi ini memang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di daerah Dieng ini kita banyak menemui pipa-pipa dan sumur sumber panas bumi di mana-mana, kawah di Sikidang adalah yang terbesar di Dieng.
 Team S.A mengunjungi kawah Sikidang ini pada tanggal 9 September 2010. Kami melakukan perjalanan dari Yogyakarta dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 90 km dan waktu perjalanan sekitar 4 jam. 
Begitu sampai ditempat tujuan kami langsung mendekati kawah utama, disekitar area ini terdapat banyak kawah yang mengeluarkan belerang. Bau belerang cukup mengganggu hidung kami, tapi kami penasaran untuk melihat kedalam kawah yang terpasang pagar dari kayu. Asap yang keluar dari dalam kawah cukup tebal, sehingga sulit untuk melihat air yang seakan-akan mendidih dari dalam kawah. Setelah puas melihat kawah ini kami mampir dulu ke pasar yang tempatnya tidak jauh dari kawah ini, sekedar untuk membeli oleh-oleh. Di pasar itu terdapat buah yang menjadi primadona kota ini, yaitu buah carica. Buah yang bentuknya kecil dan mirip pepaya ini banyak dijual dalam bentuk manisan dan dikemas dalam bentuk botol. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

0 komentar:

Posting Komentar