www.loogix.com

Sutopadan Adventure



Selamat datang di blog kami.

Blog ini akan mengulas tentang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam.


Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu. Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak. Jangan mengambil sesuatu kecuali pengalaman.

Senin, 28 Januari 2013

Pantai Pok Tunggal


Pantai Pok Tunggal terletak di sebelah timur Pantai Indrayanti. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Sekitar 60 KM atau kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.
Jalan masuk menuju pantai ini masih berupa jalan kecil yang hanya cukup dilewati oleh satu mobil.
Nama Pok Tunggal memiliki arti, Pok berarti Tunas dan Tunggal berarti Satu. Mungkin nama itu diambil dari pohon yang berdiri sendirian didekat bibir pantai.

Pantai Pok Tunggal memiliki karakteristik seperti Pantai Sundak, yaitu pada bagian pinggir pantai berupa karang dan berpasir putih.

Di pantai ini juga terdapat sumber mata air yang terletak disebelah barat pantai, dan digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari.
Pantai ini dikelola secara swadaya oleh warga sekitar dan belum ada pungutan retribusi dari pemerintah setempat, dan hanya dikenakan pungutan seikhlasnya oleh warga sekitar ketika akan memasuki wilayah pantai ini.

Pantai Pok Tunggal ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah, diapit bukit karang di kanan dan kiri pantai. Keadaan pantai ini pun jg masih asri dan bersih. Wisatawan juga belum terlalu banyak seperti pantai-pantai yang lain.

Meskipun masih baru, pantai ini fasilitasnya berangsur-angsur mulai lengkap seperti warung makanan dan minuman, payung pantai, toilet, dan lain-lain. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah menyaksikan panorama sunset disini. Dan bila sobat ingin bermalam di pantai ini, pengelola menyediakan tenda/dome untuk tempat menginap dengan biaya sewa Rp 60 ribu permalam .




0 komentar:

Posting Komentar